Selasa, 02 November 2010

Review Jurnal 3


Tema : Pengaruh pemrosesan informasi terhadap keputusan pembelian
Masalah : Tingkat pengaruh pembelian konsumen lemah.
Judul : Analisa Pengaruh Pemrosesan Informasi terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian oleh Pengguna Internet pada Produk UKM Alat-alat Bangunan serta Besi dan Suku Cadang di Wilayah Depok.
Penulis : Agus Iswahyudi
Tahun Penulisan : -
Latar Belakang Masalah
Dewasa ini peran internet bukan hanya sebagai sarana mencari informasi, tapi juga mempunyai potensi besar sebagai media pemasaran dan perdagangan, khususnya periklanan. Bagi usaha kecil dan menengah (UKM), media periklanan melalui internet di Indonesia belum dimanfaatkan secara maksimal bahkan masih relatif kecil dan cenderung
jauh dari sentuhan teknologi informasi yang mendukung kegiatan dan operasional perusahaan. Pemanfaatan media internet untuk periklanan produk UKM dewasa ini menjadi
penting dilakukan, hal ini didukung oleh disertasi Sularto (2007), yang menyimpulkan bahwa periklanan melalui internet terbukti mempengaruhi pemrosesan informasi serta keputusan pembelian oleh para pengguna internet. Melalui periklanan yang efektif, diharapkan dapat mempengaruhi tingkat pemrosesan informasi pada konsumen karena nantinya semakin tinggi pemrosesan informasi pada konsumen, maka keputusan pembelian oleh konsumen juga akan semakin tinggi. Dengan keputusan pembelian konsumen yang semakin tinggi, tentunya hal ini akan berdampak postif pada UKM yang ada. Dalam hal ini penulis berusaha mempersempit ruang lingkup penelitian dengan cara hanya melakukan penelitian terhadap periklanan yang dilakukan oleh UKM sektor alat-alat bangunan serta besi dan suku cadang di wilayah Depok melalui media internet.
Tujuan
Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh pemrosesan informasi periklanan terhadap pengambilan keputusan pembelian oleh pengguna internet pada produk industri alat-alat bangunan serta besi dan suku cadang di kota Depok. Dan jika pemrosesan informasi mempengaruhi keputusan pembelian pada pengguna internet, seberapa besar pengaruh yang diberikan tersebut.
Metodologi
Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah UKM yang bergerak di bidang alat-alat bangunan serta besi dan suku cadang yang berlokasi di wilayah Depok serta para pengguna
internet di wilayah Depok.
Variabel Yang Digunakan
Variable yang digunakan untuk menunjang penelitian ini adalah variabel pemrosesan informasi dan pengambilan keputusan. Variabel pemrosesan informasi memiliki enam indikator di dalamnya, yaitu Pemaparan (pi 1), Perhatian (pi 2), Pemahaman (pi 3), Persetujuan (pi 4 ), Mengingat (pi 5), Niat Pembelian (pi 6). Sementara itu, variabel keputusan pembelian juga memiliki enam indikator di dalamnya, yaitu Jangkauan, Perhatian, Pemahaman, Interaksi, Jaringan, Pembelian.
Alat Analisa
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis deskriptif bersifat uraian penjelasan dengan membuat tabel, mengelompokkan dan menganalisis data berdasarkan pada hasil jawaban kuesioner yang diperoleh dari tanggapan responden dengan menggunakan tabulasi data. Sedangkan analisa kuantitatif merupakan analisis dengan mengolah data dari hasil yang telah dinyatakan dalam satuan angka untuk dianalisis dengan perhitungan statistik terhadap variabel objek yang diteliti. Penulis juga menggunakan program SPSS versi 17 sebagai alat bantu dalam melakukan analisa data.
Hasil Pembahasan dan Kesimpulan
Setelah melakukan penelitian dengan cara mengajukan pertanyaan melalui penyebaran kuesioner kepada 150 responden untuk melakukan riset tentang produk industri alat-alat bangunan serta besi dan suku cadang, maka diperoleh hasil persentase terhadap penyebaran produk alat-alat bangunan serta besi dan suku cadang melalui periklanan di internet. Lima produk alat-alat bangunan serta besi dan suku cadang dengan persentase terbesar yang banyak diketahui oleh pengguna internet adalah knalpot 11 %, tangga 8 %, batako 6 %, bor 5 %, teralis 5 %. Sementara itu, produk yang lain hanya sebagian pengguna internet yang mengetahui. Hasil segmentasi produk dan hasil penelitian yang dipilih dapat
dibagi melalui dua segmentasi yaitu demografis dan psikogrrafis.
Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1. Berdasarkan uji chi square dapat diambil kesimpulan bahwa variable pemrosesan informasi mempengaruhi variable keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig dari masing-masing indicator yang ada dalam variable pemrosesan informasi yaitu PI 1 (Pemaparan) , PI 2 (Perhatian), PI 3 (Pemahaman), PI 4 (Persetujuan), PI 5 (Mengingat), PI 6 (Niat Pembelian) yang memiliki nilai sig kurang dari nilai alpha (2 tailed) yaitu 0,000 < 0,025.
2. Berdasarkan uji matrik korelasi, dari enam indicator yang ada dalam variable pemrosesan informasi, didapat hubungan yang lemah antara variable pemrosesan informasi dan variable keputusan pembelian. Hubungan yang lemah ini berdasarkan nilai korelasi yang mendekati angka nol. Hal ini memiliki arti bahwa pemrosesan informasi mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, namun tingkat pengaruh yang diberikan adalah lemah.
Saran
Pemrosesan informasi tersebut sudah mempengaruhi keputusan pembelian tetapi pengaruhnya masih lemah oleh karena itu sebaiknya informasi tersebut diperkuat lagi sehingga menghasilkan pengaruh yang besar dan kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar