Selasa, 02 November 2010

Review Jurnal 2


Tema : Periklanan internet terhadap keputusan pembelian produk
Masalah : Bagaimana cara periklanan agar dapat mempengaruhi keputusan pembelian dari konsumen.
Judul : Pengaruh Pelaksanaan Periklanan melalui Internet dan Pemasaran melalui E-mail terhadap Pemrosesan Informasi serta Implikasinya terhadap Keputusan Pembelian Produk Farmhouse pada PT. Sanmiguel Indonesia.
Pengarang : Ratih
Tahun Penulisan : -
Latar Belakang Masalah
Salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk menjangkau konsumen adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Metode yang efektif untuk menjangkau konsumen potensial dalam jumlah yang sangat besar adalah menggunakan teknologi komputer dengan menggunakan internet. Dengan menerapkan e-commerce akan mampu menjangkau konsumen global dalam waktu singkat dan dana yang tidak terlalu besar. Perkembangan teknologi informasi tersebut merupakan peluang dan tantangan yang dihadapi oleh PT. San Miguel Indonesia. Pemanfaatan media Internet mempunyai peranan penting dalam menjalankan operasi perusahaan, hal ini didukung oleh disertasi Sularto (2007), yang menyimpulkan bahwa periklanan melalui Internet terbukti mempengaruhi pemrosesan informasi serta keputusan pembelian oleh para pengguna internet. Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah periklanan yang dilakukan oleh PT. San Miguel Indonesia yang memfokuskan kepada salah satu jenis produknya yaitu Farmhouse melalui media Internet, dengan menggunakan metode penggabungan periklanan melalui situs web, serta pemanfaatan electronic mail (e-mail) agar dapat mempengaruhi pengambilan keputusan dari konsumen. Hal ini didasarkan pada hasil disertasi Sularto (2007), yang mensyaratkan bahwa efektivitas penggunaan media internet untuk periklanan adalah dengan menggabungkan metode periklanan melalui situs web dan pemasaran melalui e-mail agar dapat mempengaruhi keputusan dari konsumen.
Tujuan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan program periklanan produk di internet dan pemasaran produk PT. San Miguel Indonesia khususnya Farmhouse melalui e-mail terhadap pemrosesan informasi pengguna internet dan implikasinya terhadap keputusan pembelian yang dilakukan pengguna internet.
Metodologi
variabel yang digunakan adalah :
1. Variabel program periklanan.
2. Variabel pemasaran melalui e-mail.
3. Variabel pemrosesan informasi.
4. Variabel keputusan pembelian.
Teknik Pengolahan Data
Uji Validitas dan Reliabilitas Jumlah kuesioner yang disebarkan dan dikembalikan sebanyak 167 eksemplar. Uji validitas, reliabilitas dan normalitas menunjukkan bahwa kuesioner yang digunakan untuk menanyakan skala program periklanan, pemrosesan informasi, keputusan pembelian dan pemasaran melalui e-mail sudah valid, reliabel dan normal.
Hasil Pembahasan dan Kesimpulan
Hipotesis # 1
Pada hipotesis ini akan menguji pengaruh yang signifikan antara Program Periklanan terhadap Pemrosesan Informasi.
Ho1 : Tidak ada pengaruh signifikan antara Program periklanan di Internet dengan Pemrosesan informasi.
Ha1 : Ada pengaruh signifikan antara Program periklanan di Internet dengan Pemrosesan informasi.
           Hasil pengujian hipotesis Ha1 gagal ditolak dan Ho1 ditolak, hasil ini menunjukkan bahwa Program periklanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Pemrosesan informasi, yaitu dengan diperolehnya nilai T-Value sebesar 5.15, yang nilainya lebih besar dari T-table (1.65). Jika dilihat dari nilai standar koefisien (β) sebesar 0.38, maka hal tersebut menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu satuan dari Program Periklanan akan meningkatkan Pemrosesan Informasi sebesar 0,38.
Hipotesis # 2
Pada hipotesis ini akan menguji pengaruh yang signifikan antara Pemasaran melalui e-mail terhadap Pemrosesan Informasi.
Ho2 : Tidak ada pengaruh signifikan antara Pemasaran melalui e-mail dengan Pemrosesan informasi.
Ha2 : Ada pengaruh signifikan antara Pemasaran melalui e-mail dengan Pemrosesan   informasi.
Hasil pengujian hipotesis Ha2 gagal ditolak dan Ho2 ditolak, menunjukkan bahwa Pemasaran melalui e-mail mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Pemrosesan informasi, yaitu dengan diperolehnya nilai t-hitung sebesar 5.61, yang mana angka tersebut lebih besar dari t-tabel sebesar 1,65. Jika dilihat dari nilai standar koefisien (β) sebesar 0,33, maka hal tersebut menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu satuan dari Pemasaran melalui e-mail akan meningkatkan Pemrosesan informasi sebesar 0,33.
Hipotesis # 3
Pada hipotesis ini akan menguji pengaruh yang signifikan antara Pemrosesan Informasi terhadap Keputusan Pembelian.
Ho3 : Tidak ada pengaruh signifikan antara Pemrosesan informasi dengan Keputusan   pembelian.
Ha3 :Ada pengaruh signifikan antara Pemrosesan informasi dengan Keputusan pembelian.
Hasil pengujian hipotesis Ha3 gagal ditolak dan Ho3 ditolak, maka pada penelitian menghasilkan Program periklanan, Pemasaran melalui e-mail dan Pemrosesan informasi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian, yaitu dengan diperolehnya nilai t-hitung sebesar 6.17, yang angka tersebut lebih besar dari t-tabel sebesat 1,65. Jika dilihat dari nilai standar koefisien (β) sebesar 0.47 , maka hal tersebut menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu satuan dari Program periklanan, Pemasaran melalui e-mail akan meningkatkan Keputusan pembelian sebesar 0,47.

Kesimpulan
Dalam penelitian ini  hasil dari pelaksanaan program periklanan produk Farmhouse di internet dan pemasaran produk melalui e-mail mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pemrosesan informasi pengguna internet. Penelitian ini berhasil membuktikan bahwa pelaksanaan program periklanan produk Farmhouse di internet dan pemasaran produk melalui e-mail mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna internet baik secara langsung maupun melalui tahap pemrosesan informasi periklanan. Penulis juga telah membuktikan bahwa pemrosesan informasi produk Farmhouse secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian oleh pengguna internet. Dari hasil pengujian terhadap hipotesis – hipotesis tersebut besarnya pengaruh didominasi oleh pengaruh positif pemrosesan informasi terhadap keputusan pembelian.
Saran
Program periklanan produk Farmhouse sebaiknya dipertahankan karena sudah mempunyai pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar