Selasa, 02 November 2010

Review Jurnal 1


Tema : Periklanan internet terhadap pembelian produk
Masalah : Pengetahuan responden mengenai pemaparan iklan melalui internet sangat  kurang sekali.
Judul : Pengaruh pelaksanaan periklanan melalui Internet dan Pemasaran melalui E-MAIL terhadap Pemrosesan Informasi serta implikasinya terhadap perubahan pembelian Produk Vida pada PT Sanmiguel Pure Foods Indonesia.
Penulis : Nurholis Rodiana
Tahun Penulisan : -
Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi informasi saat ini memungkinkan setiap perusahaan dekat dengan konsumen meskipun melalui media elektronik. Salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh perusahan untuk menjangkau konsumen adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi tersebut. Metoda yang efektif untuk menjangkau konsumen potensial dalam jumlah yang sangat besar adalah menggunakan teknologi komputer dengan menggunakan internet. Perkembangan teknologi informasi tersebut merupakan peluang dan tantangan yang dihadapi oleh PT San Miguel Pure and Foods Indonesia. Globalisasi dan liberalisasi perdagangan berarti pasar dunia akan makin terbuka bagi produk-produk Indonesia, dan sebaliknya pasar domestik pun akan makin terbuka pula bagi produk-produk internasional. Dewasa ini peran internet bukan hanya sebagai sarana mencari informasi, tapi juga mempunyai potensi besar sebagai media pemasaran dan perdagangan. Media periklanan melalui internet di Indonesia belum banyak dimanfaatkan secara maksimal, walaupun Indonesia dalam prosentasi pertumbuhan belanja iklan tertinggi di dibandingkan negara lainnya di Asia Pasifik.
Tujuan
Menguji  pengaruh pelaksanaan program periklanan produk di internet dan pemasaran produk Vida Indonesia melalui e-mail terhadap keputusan pembelian pengguna internet     baik secara langsung maupun melalui tahap pemrosesan informasi periklanan.
Metodologi
Unit analisis dalam penelitian ini adalah para pengguna Internet serta PT San Miguel Pure and Foods Indonesia, artinya penelitian ini menggunakan konsumen dan produsen sebagai unit observasi. Operasionalisasi Variabel Penelitian Pendahuluan Sehubungan dengan jenis data yang diperlukan untuk penelitian ini adalah data yang langsung diperoleh dari lapangan (primer), dan setiap variabel yang diuji memerlukan penekanan pengertian yang definitif yang relevan dengan topik penelitian.
Teknik Pengolahan Data
Penulis mengolah data dengan menggunakan aplikasi software SPSS versi 16.
Model penelitian
Model penelitian yang digunakan yaitu model pengaruh program periklanan melalui internet dan pemasaran melalui e-mail terhadap keputusan pembelian baik langsung maupun melalui pemrosesan informasi (Sularto,2007)
Hasil pembahasan dan Kesimpulan
1. Pengaruh Program Periklanan terhadap Pemrosesan informasi menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dimana dengan diperolehnya nilai signifikasi 0.000<0.05 jika dilihat nilai standar koefisien (β) sebesar 0.446. Hal ini menunjukan bahwa setiap kenaikan satu satuan program periklanan akan meningkatkan pemprosesan data sebasar 0.446.
2. Pengaruh pemasaran Melelui E-mail terhadap Pemrosesan informasi menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dimana, dengan diperolehnya nilai signifikasi 0.001<0.05 jika dilihat nilai standar koefisien (β) sebesar 0.374. Hal ini menunjukan bahwa setiap kenaikan satu satuan program periklanan akan meningkatkan pemrosesan data sebesar 0.374.
3. Pengaruh Program Periklanan terhadap Keputusan Pembelian menunjukan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dimana, dengan diperolehnya nilai signifikasi 0.230>0.05 jika dilihat nilai standar koefisien (β) sebesar -0.105. Hal ini menunjukan bahwa setiap kenaikan satu satuan program periklanan akan meningkatkan pemprosesan data sebesar -105.
4. Pengaruh Pemasaran Melalui E-mail terhadap Keputusan Pembelian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dimana dengan diperolehnya nilai signifikasi 0.000<0.05 jika dilihat nilai standar koefisien (β) sebesar 0.454. Hal ini menunjukan bahwa setiap kenaikan satu satuan program periklanan akan meningkatkan pemrosesan data sebasar 0.454.
5. Pengaruh Pemrosesan Informasi terhadap Keputusan Pembelian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dimana, dengan diperolehnya nilai signifikasi 0.000<0.05 jika dilihat nilai standar koefisien (β) sebesar 0.590. Hal ini menunjukan bahwa setiap kenaikan satu satuan program periklanan akan meningkatkan pemprosesan data sebesar 0.590.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil pengujian terhadap hipotesis-hipotesis yang diajukan menunjukan bahwa program periklanan dan pemasaran melalui e-mail produk Vida mempengaruhi pemprosesan informasi untuk pengguna internet . Namun untuk keputusan pembelian produk Vida hanya dipengaruhi pemasaran melalui email dan pemprosesan informasi sedang untuk program periklanan tidak mempengaruhi terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukan bahwa pengetahuan responden mengenai pemaparan iklan Vida melalui internet sangat kurang sekali.
Saran
Sebaiknya PT Sanmiguel Pure Foods Indonesia memberikan pemaparan iklan yang lebih jelas lagi agar responden mudah mengerti dan ingat akan produk vida, sehingga program periklanan mempengaruhi terhadap keputusan membeli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar