Minggu, 27 Maret 2011

Tugas B.indonesia bulan ke-2

Nama                 :  Amaliyah
Kelas                  3EA10
NPM                   :  11208512
Mata Kuliah        :  Softskill B.indonesia 2


LAPORAN

1. Latar Belakang

Kegiatan menyusun laporan berbeda dengan menulis artikel atau menyusun suatu kegiatan. Kegiatan menyusun laporan pada dasarnya menuliskan kembali hasil pengamatan (observasi) atau mungkin pula pengalaman yang dialami. Dengan demikian, sebuah laporan yang baik harus menginformasikan hal yang akan dilaporkan itu berdasarkan fakta, baik berupa data-data tertulis, hasil rekaman, maupun berupa foto-foto.
            Laporan perkembangan pada prinsipnya berbeda dari laporan keadaan. Laporan perkembangan Bertujuan untuk menyampaikan perkembangan, perubahan, atau tahapan yang telah dicapai. Laporan keadaan mengandung konotasi bahwa tujuan laporan adalah menggambarkan kondisi yang ada pada saat laporan dibuat.
              Laporan merupakan salah satu jenis karya ilmiah yang harus memenuhi syarat objektif, lengkap, tepat waktu, dan menggunakan bahasa resmi (baku).
2. Masalah
     Membedakan antara laporan ilmiah dan semi ilmiah atau resmi dan tidak resmi.
3. Isi
Laporan adalah komunikasi penulis untuk menyampaikan informasi kepada pihak lain karena tanggung jawab yang dibebankan kepadanya. Pada umumnya, laporan berbentuk tertulis karena laporan merupakan suatu dokumen yang menyampaikan informasi mengenai seluruh masalah tengah diselidiki dalam bentuk fakta-fakta yang diarahkan kepada pemikiran dan tindakan yang akan diambil.
Laporan adalah karangan yang berisikan paparan peristiwa/kegiatan yang telah dilakukan.
*   Fungsi laporan :
-  Pertanggungjawaban bagi orang yang diberi tugas
-  Landasan pimpinan dalam mengambil kebijakan dan keputusan
-  Alat melakukan pengawasan bagi pimpinan, dan
-  Dokumen untuk bahan studi serta sumber pengalaman bagi orang lain.         
*        Laporan merupakan karya tulis ilmiah. Karya tulis ilmiah memiliki ciri-ciri :
       1. Menarik (masalah yang dibahas harus menarik)
       2. Objektif (harus sesuai dengan fakta yang ada)
       3. Sistematis (mudah dipahami/dimengerti pembaca)
       4. Argumentatif (dapat mempertanggungjawabkan kebenarannya)
       5. Lugas (bahasa yang digunakan efektif dan logis)
*        Macam-macam laporan
Berdasarkan bentuk dan maksudnya, laporan dibedakan atas :
1. Laporan berbentuk formulir isian, laporan ini biasanya digunakan untu menyampaikan hal yang bersifat rutin dan sering yang berupa angka-angka. Pembuatan laoran cukup mengisi data sesuai dengan tuntutan formulir.
2.  Laporan bentuk surat, bentuk laporan ini sama dengan surat resmi pada umumnya.
3.  Laporan berbentuk momerandum, laporan berbentuk momerandum atau memo (saran, nota, catatan pendek mirip laporan berbentuk surat, namun biasanya lebih pendek). Laporan ini biasanya dipergunakan untuk suatu laporan yang singkat didalam intern organisasi, misalnya antara atasan dan bawahan.
4. Laporan perkembangan dan laporan keadaan
5. Laporan berkala atau laporan periodik, laporan berkala dapat dibuat dalam bentuk formulir isian atau bentuk momerandum.
6. Laporan laboratoris, laporan yang menyampaikan hasil percobaan yang dilakukan di laboratorium.
7.  Laporan buku (resensi)
*   Ciri laporan yang baik :
a. Ditulis dalam bahasa yang baik dan jelas.
b. Didasarkan oleh fakta yang benar dan meyakinkan.
c. Disajikan secara lengkap.
d. Menarik dan enak dibaca.
*   Sistematika laporan
Secara umum, terutama laporan formal mempunya sistematika sebagai berikut.
1. Pendahuluan
       Berisi Judul, Pengesahan/persetujuan berisi tempat, tanggal, nama, dan tanda tangan pengesahan. Moto  dan Persembahan (jika perlu, Kata pengantar, Daftar isi, Daftar tabel.
2. Bagian isi
- Pendahuluan (BabI) yang berisi : latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, pendekatan untuk mengupas masalah, metode perolehan data, ruang lingkup / sistematika laporan.
- Isi (batang tubuh laporan) berisi uraian objek yang dilaporkan yang disusun dalam beberapa bab. Banyak sedikitnya bab tergantung pada objek / Kegiatan yang di laporkan.
- Penutup : merupakan bab terakhir yang berisi ringkasan / simpulan dan saran / rekomendasi.

3. Bagian penunjang / pelenkap penutup, bagian ini terdiri atas :
     - Daftar pustaka Lampiran-lampiran
- indeks : daftar istilah yang disusun secara alfabetis yang juga mencantumkan nomor-nomor halaman untuk memudakan pembaca mengetahui posisi istilah-istilah tersebut dalam sebuah laporan.
Laporan Semi ilmiah atau tidak resmi pada dasarnya sama seperti Laporan formal hanya saja unsur-unsur laporan formal ada yang dihilangkan pada laporan tidak resmi, dan penyusunan dan penggunaan bahasanya kurang ilmiah.



Contoh Laporan “Kuesioner/Penelitian Sederhana”
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr. Wb
Dengan puji serta syukur serta atas rahmat dan hidayah dari Allah SWT yang telah memberikan kita begitu banyak nikmat yang tak ternilai harganya dengan apapun. Shalawat serta salam tak lupa kita curahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita kembali kejalan yang di ridhoi oleh Allah SAW. Rasa syukur juga kami limpahkan karena telah menyelesaikan laporan kuesioner (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) yang fungsinya untuk mengetahui seberapa besar kualitas dan kuantitas ABA YPKK dari pandangan para Mahasiswa/I (Nama Kampus,,,,,,,,,,) Tak lupa juga ungkapan terima kasih kepada pudir/Dekan/Purek Bapak ,,,,,,,,,,,,,, dan dukungan dari Direktur ,,,,,,,,,,,,,, Bapak ,,,,,,,,,,,,,,,, yang telah mengizinkan untuk menyelenggarakan kuesioner tersebut.
Alhamdulillah kuesioner ini telah selesai berikut dengan laporannya, sehingga bisa membantu ,,,,,,,,,,,,,,, untuk bisa mempertimbangkan dari hasil kuesioner tersebut yang mutlak berasal dari pernyataan para Mahasiswa/I ,,,,,,,,,,,,,,,,,,. Proses kuesioner tersebut memang tidaklah terlalu sulit karena kami pertama-tama memberikan kuesioner kepada Mahasiswa/I ,(Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) lalu setelah selesai dikumpulkan datanya dan setelah dikumpulkan data tersebut di olah atau di presentasekan di masing-masing pernyataan sehingga bisa menghasilkan data-data tersebut. Keakuratan data tersebut 98% valid dan hanya 2% yang invalid. Mohon kiranya setelah itu proses peningkatan dan perbaikan mutu perkuliahan di(Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) bisa segera ditingkatkan.
Semoga apa-apa yang telah kita perbuat senantiasa mendapatkan ridhoa dari Allah SWT, serta bermanfaat bagi kita di kemudian hari. Karena sesuatu yang baik adalah milik Allah SWT dan sesuatu yang kurang baik senantiasa tak luput dari kesalahan manusia yang tenpatnya salah dan lupa. Mudah-mudahan  hasil ini memcerminkan kita kearah yang lebih baik lagi dan terus berusaha semampu kita untuk memberikan yang terbaik. Amin
Wassalamualaikum. Wr. Wb
Pondok cabe, Januari 2009
LAPORAN PENELITIAN KUESIONER
(Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
LATAR BELAKANG
Kualitas dan kuantitas sangat penting dalam sebuah akademi untuk menjadikan para Mahasiswa/I menjadi lebih berkualitas yang bisa diterapkan baik itu masih dalam masa Kuliah atau setelah lulus nantinya. Untuk membangun itu semua tentunya tidaklah mudah bahkan memerlukan waktu yang cukup lama dan harus sejalan dengan Visi dan Misi Akademi. Banyak sekali upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hal tersebut salah satunya melalui Kuesioner yang berisikan masukan serta saran dari Mahasiswa/I itu sendiri. Hal ini sangat diperlukan agar kedepannya sebuah Akademi ini bisa menjadi lebih baik lagi dan untuk kepentingan bersama. Sebaliknya pihak akademi sangat terbantu dengan adanya kuesioner dari Mahasiswa/I untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan di dalam Akademi itu sendiri. Dengan dasar itu kami menyelenggarakan kuesioner tentang peningkatan kualitas dan kuantitas (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)yang dinilai dari pandangan Mahasiswa/I (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) yang selama ini dirasakan.
Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas secara mutlak menjadi tanggungjawab pihak (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) akan tetapi (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) tidak bisa berbuat sendirian dan dengan adanya Kuesioner ini tentu bisa diupayakan agar semua yang didapat dari kuesioner ini menjadikan bahan dan hasil yang diinginkan bisa terwujud. Kuesioner ini mutlak dari hasil apa yang selama ini Mahasiswa/I rasakan selama kuliah di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) dan tidak adanya paksaan atau sejenisnya sehingga timbul karena adanya rasa paksaan. Hal itu tidak benar dan hasilnya nanti adalah 100% suara dari Mahasiswa/I yang terangkum dalam poin-poin yang mewakili perasaan itu semua.
Dalam pelaksanaan kuesioner tersebut para Mahasiswa/I menyambut dengan senang hati atas diselenggarakan kuesioner ini dan sangat membantu tentang apa-apa yang dirasakan oleh Mahasiswa/I itu sendiri. Penerapan kuesioner ini dilaksanakan secara global tanpa menerangkan nama Dosen ataupun nama dari koresponden atau Mahasiswa/I yang ikut memberikan penilaian dalam kuesioner tersebut. Banyak hal yang didapat dari hasil kuesioner tersebut dan akan sangat baik jika penerapannya dan dapat direalisasikan dalam waktu yang tidak lama sehingga hasilnya bisa dirasakan oleh Mahasiswa/I itu sendiri.
TUJUAN DAN MANFAAT
Kuesioner ini mempunyai tujuan yang sangat baik dan membantu (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) dalam pelaksanaan perkuliahan dan juga menjadikan salah satu cara untuk memperbaiki itu semua. Secara umum kuesioner ini sangat baik untuk dengan segera meningkatkan mutu pembelajaran di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,). Adapun manfaat yang didapat dari Mahasiswa/I yaitu menjadikan bahan masukan untuk (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) selama kuliah di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) dan juga sebagai aspirasi yang selama ini mereka rasakan dengan kata lain untuk kepentingan bersama dengan hal tersebut. Sedangkan manfaat bagi (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) merupakan hal yang sangat baik agar senantiasa meningkatkan mutu pembelajaran dan pelayanan serta membangun (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) ini menjadi lebih baik dan berusaha agar menjadi yang terbaik.
SASARAN
Sasaran utama dari kuesioner ini adalah bagaimana cara mengetahui hal-hal apa saja yang menurut Mahasiswa/I (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) sangat kurang atau yang menurut mereka perlu peningkatan dan kemajuan yang lebih baik lagi. Dengan adanya kuesioner ini diupayakan agar terciptanya hal-hal yang positif untuk membangun A(Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)menjadi lebih baik lagi. Sekaligus menjadikan kualitas dan kuantitas yang senantiasa memberikan yang terbaik untuk Mahasiswa/I (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) yang nanti setelah mereka lulus bisa menerapkan keahliannya di kehidupan yang nyata baik dalam lingkungan rumah maupun dalam dunia kerja, yang umumnya menggunakan keahlian yang dimiliki. Sasaran ini tertuju pada seberapa baik penilaian tentang A(Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) selama ini dari segi kaca mata Mahasiswa/I (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) dan juga sebagai tolak ukur akan kualitas dan kuantitas (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) melalui kuesioner tersebut.
WAKTU PELAKSANAAN
Adapun pelaksanaan kusioner ini yaitu pada hari Senin, 15 Desember 2008 pada saat hari terakhir dalam Ujian Tengah Semester. Dalam tata pelaksanaannya yaitu dimulai dari pemberian izin dari (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) untuk memberikan waktu agar dalam kegiatan ini para dosen yang mengawas jalannya UTS tidak terganggu dan juga mendapat rekomendasi dari Direktur (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,). Dalam pemberian kuesioner ini Mahasiswa/I diberikan terlebih dahulu kuesionernya dan diserahkan kembali setelah menyelesaikan UTS terlebih dahulu, baru setelah itu mengisi kuesioner tersebut.
HASIL YANG DIPEROLEH
Dari hasil penelitian yang berupa kuesioner untuk Mahasiswa/I (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,), pernyataan yang didapat dan dirasakan oleh Mahasiswa/I (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) ternyata banyak yang merasa kurang dari apa yang diinginkan dan hal tersebut terbukti oleh table di bawah ini yang menunjukan persentasi dari hasil kuesioner tersebut. Dari pernyatan dan makna dari setiap angka tersebut yaitu 1= Sangat buruk, 2= Buruk, 3= Cukup baik, 4= Baik, 5= Sangat baik. Table dibawah ini menunjukan hasil yang diperoleh dalam penelitian dalam bentuk kuesioner di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) tentang hal kualitas dan kuantitas (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) dimata Mahasiswa dan Mahasiswi (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,). Ada banyak hal yang perlu ditingkatkan dan diupayakan agar menjadi lebih baik lagi sehingga para Mahasiswa/I menjadi lulusan yang professional dalam menghadapi dunia kerja yang sebenarnya.
Dari presentase pada table yang berisikan kuesioner pertanyaan dan pernyataan tentang poin-poin akan kualitas dan kuantitas (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) banyak sekali yang perlu diperhatikan dan dapat dilihat dari rata-rata presentase ini lebih banyak dibawah 50% hal ini mengartikan bahwa pada umumnya Mahasiswa/I (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) masih merasa kurang puas akan kualitas dan kuantitas yang ada di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,), berdasarkan hasil dari keseluruhan koresponden dan dilihat secara keseluruhan dan pada umumnya. Poin-poin dalam kuesioner yang menyatakan nilai sangat buruk poin pertama (1) menyatakan rata-rata penilaian koresponden 5%, sedangkan ada juga yang menilai dengan katagori Buruk yang dilihat dari poin dengan nilai (2) yaitu sebesar 10% jika dilihat dari nilai keseluruhan. Untuk nilai dengan katagori cukup baik dengan nilai (3) dan berdasarkan penilaian keseluruhan koresponden menjawab sebesar kurang dari 40% dari total kuesioner di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) sedang untuk katagori penilain baik dengan nilai (4) dari seluruh koresponden menjawab dengan nilai kurang dari 28%, dan untuk katagori dengan nilai sangat baik yang kami beri dengan poin (5) dari keseluruhan Mahasiswa/I (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) memberikan penilaian yaitu kurang dari 15%. Nilai untuk ketidaksesuai mencapai 2% dan menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh 98% valid serta validitas akan nilai kuesioner ini mengimplementasikan akan dibutuhkannya peningkatan serta mencerminkan hasil yang berdasarkan kuesioner sangat kurang dari kualitas dan kuantitas di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,).
EVALUASI
Dalam kuesioner ini banyak hal yang perlu diperbaiki dan terus ditingkatkan agar apa yang menjadi visi dan misi dari (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) menjadi terlaksana dan menjadi lebih baik lagi serta bisa menjadi yang terbaik. Hasil rata-rata dari kuesioner ini membuktikan masih kurangnya kualitas dan kuantitas dari sebuah lembaga khususnya (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,). Jelas sekali dari hasil persentase kuesioner yaitu dibawah 50% semua hasil kuesioner tersebut yang mengidentifikasikan rasa kurang puas akan kebutuhan secara global yang dibutuhkan oleh para Mahasiswa/I (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,). Selain itu dari kuesioner tersebut banyak juga yang memberikan saran dan kritik didalam kuesioner tersebut seperti, perlunya peningkatan Dosen pengajar, kekurangan tenaga pengajar (Dosen), perlunya peningkatan fasilitas perkuliahan, ada juga yang memberi komentar berupa peningkatan fasilitas lab computer dengan penambahan fasilitas internet, karena sekarang ini internet sangat penting dalam proses pembelajaran sebagai contoh bagaimana mencari data untuk tugas-tugas perkuliahan, serta penggunaan bahasa inggris yang masih sedikit dalam penyampaian perkuliahan karena bahasa inggris menjadi pilihan utama maka alangkah baiknya kampus menjadi tempat yang syarat akan bahasa inggris dan juga kurangnya pemasaran dari (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) sehingga dari tahun ke tahun Mahasiswa (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) hanya sedikit saja yang mau kuliah di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,). Dari komentar dan saran tersebut banyak hal yang perlu dicatat oleh (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) untuk terus mengupayakan peningkatan yang berkelanjutan. Peningkatan secara berkelanjutan bisa memberi harapan akan kemajuan dari (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) dan mampu memberikan yang terbaik pada saat para Mahasiswa/I (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) setelah lulus yaitu menjadi lulusan yang profesional.
KESIMPULAN
Hasil kuesioner ini bisa menjadi acuan (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) untuk senantiasa terus meningkatkan mutu perkuliahan di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,), hal ini menjadi penting karena dari data presentase kuesioner ini sangat membutuhkan perhatian dan tindak lanjut dari hasil ini. Ada indikasi bahwa rasa kepuasan akan kepentinggan perkuliahan yang terus ditingkatkan, baik itu dari kualitas materi pembelajaran perkuliahan sampai pada SDM dari dosen yang perlu penambahan karena idealnya dalam perkuliahan satu mata perkuliahan diajarkan oleh satu Dosen dan kualitas Dosen yang bisa ditingkatkan dengan memberikan pelatihanan di luar dari perkuliahan dan bimbingan bagi terwujudnya visi dan misi (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,). Hasil dibawah 50% dari total koresponden kuesioner tersebut sangatlah hasil yang mengecewakan dan sangat jauh dari perkiraan selama ini, data 50% diambil berdasarkan keseluruhan hasil kuesioner dengan penghitungan total dari semua jumlah pada table diatas tersebut.
Poin-poin dalam kuesioner yang menyatakan nilai sangat buruk poin pertama (1) menyatakan rata-rata penilaian koresponden 5%, sedangkan ada juga yang menilai dengan katagori Buruk yang dilihat dari poin dengan nilai (2) yaitu sebesar 10% jika dilihat dari nilai keseluruhan. Poin inilah walaupun nilainya tidak besar akan tetapi dua katagori tersebut sangatlah menunjukan bahwa selama ini kualitas dan kuantitas (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) masih jauh dari baik. Jumlah persentase tersebut memang tidak terlalu besar tapi jika kita perhatikan dengan adanya hasil kuesioner tersebut maka nilai 5% untuk kategori sangat buruk bisa mencerminkan adanya hal yang dimata Mahasiswa/I (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) sangatlah buruk karena merekalah yang melihat dan merasakan dan untuk poin 10% dengan kategori buruk jelas sekali adanya kekurangan standar dari apa yang telah ada di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) dan mohon terus diperhatikan agar untuk kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi dan hasilnya bisa langsung dirasakan oleh Mahasiswa/I (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,). Untuk itu sangat diperlukan perbaikan dan peningkatan kualitas dan kuantitas di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,)
PENUTUP
Kesempurnaan memang hanya milik Allah SWT dan kukurangan dan ketiksempurnaan tempatnya manusia, dengan mengucap syukur Alhamdulillah dan bersyukur akan Nikmat dari Allah SWT yang telah memberikan segalanya. Dari itu semua maka selesai pula laporan kuesioner (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) dan bisa menjadi pertimbangan dan perhatian yang harus segera dilaksanakan agar menciptakan (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) menjadi yang terbaik. Banyak hal yang menjadi catatan (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) dari hasil kuesioner ini dan juga membutuhkan tindakan yang nyata dari hasil kuesioner tersebut. Sekiranya apa-apa yang telah menjadi acuan di (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) ini perlu peningkatan lagi sehingga apa yang semua kita inginkan bisa terwujud dengan baik.
Demikianlah laporan kuesioner ini disusun dan kiranya bisa menjadi data yang valid dari apa-apa yang dihasilkan kuesioner tersebut. Diharapkan untuk kedepanya bisa menjadikan (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,) ini terus berkembang untuk menjadi yang terbaik li tingkat (Nama Kampus/Skripsi dll,,,,,,,,,,). Segala apa-apa yang kita inginkan untuk kepentingan bersama tentunya menjadu mimpi dan keinginan kita semua agar bisa terwujud dan terlaksana. Yang perlu diperhatikan adalah menemukan bagaimana caranya agar bisa memperbaiki apa yang telah terdata dari hasil kuesioner ini dan bersama-sama bisa mewujudkannya.
Januari, 2009
Ttd
Ketua SENAT ,,,,,,,,,,,,,?kuesioner/Penelitian Sederhana”


4. Simpulan
Jadi antara laporan ilmiah dan semi ilmiah atau resmi dan tidak resmi yang membedakannya adalah unsur-unsur pada bagian laporan formal yang tidak semua ada pada laporan semi ilmiah, jika unsur bagian-bagian pada laporan ada yang dihilangkan maka disebut laporan informal.
           
5. Daftar Pustaka
·      Supriatna. Agus, 2006.”Bahasa Indonesia”,Bandung: Grafindo Media Pratama.
·      Yustinah, 2006.”Bahasa Indonesia”,Jakarta: Erlangga.
·      Faisal,2009. : “Contoh-laporan-kuesionerpenelitian-sederhana”. From wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar